Sabtu, 11 Februari 2012

CARA MERAWAT INJEKSI


honda,motor,setting,suzuki,yamaha,modifikasi,otomotif,motobike,merek,bajaj,kawasaki,minerva,vespa,accesories,pasang,artis,bengkel,teknologihonda,motor,setting,suzuki,yamaha,modifikasi,otomotif,motobike,merek,bajaj,kawasaki,minerva,vespa,accesories,pasang,artis,bengkel,teknologimotobike,marak,motor,sistem,injeksi,pasti,bikin,perawatan,lebih,mudah,salah,satu,pabrikan,yamaha,tak,ha,menjual,sistem,injeksi,pasti,perawatan,sudah,disiapkan,jauhjauh,hari,contoh,ketika,otomotif,melihat,cara,kerja,pembersihan,ruang,bakar,cairan,kimia,khusus,datang,ke,dds,direct,distribution,system,pt,yamaha,indonesia,motor,manufacturing,yimm,di,jl,letjen,suprapto,no402,jakpus,otomotif,langsung,praktik,pada,yamaha,viixion,sudah,umur,ta,cara,mudah,loh,plus,tak,mahal,mengingat,jangka,waktu,perawatan,se,servis,ha,rp,50,ribu,sebaik,dikerj,tiap,10,ribu,km,ungkap,yudi,nurul,akbar,service,advisor,yamaha,dds,cempaka,putih,ada,dua,pilihan,untuk,perawatan,sistem,injeksi,vixion,pertama,untuk,membersihkan,injektor,sendiri,satu,lagi,perawatan,sistem,keseluruhan,ruang,bakar,perawatan,ruang,bakar,lebih,dahulu,dibahas,sistem,bertujuan,mengambalikan,performa,vixion,layak,baru,keluar,showroom,menggun,3m,injector,cleaning,system,gbr1,sebotol,cairan,ib,sanggup,digun,untuk,5,buah,motorcara,kerja,mengganti,bensin,digun,segus,membersihkan,ruang,bakar,pertama,harus,memby,pass,saluran,bensin,vixion,asli,selang,bensin,tangki,dilepas,berganti,nepel,untuk,memasukkan,cairan,3m,tentu,pressure,pada,botol,telah,disesuaikan,pressure,dibutuhkan,injektor,untuk,menyemprotkan,bensin,asli,sekitar,250,kpa,buka,keran,botol,star,mesin,biarkan,berjalan,dalam,kondisi,idle,selama,kurang,lebih,7,menit,tujuan,agar,ruang,bakar,benarbenar,bersih,kerak,selama,3,menit,sisa,keran,botol,dtup,putaran,gas,dinaikkan,sekitar,5,ribu,rpm,gbr2,mesin,mati,sendiri,tujuan,agar,cairan,pembersih,masih,ada,pada,slang,benarbenar,habis,pakai,segus,mengeluarkan,kerak,pada,ruang,bakar,sambung,yudi,lagi,nah,tak,ha,ruang,bakar,pasti,throttle,body,tb,harus,ikut,dibersihkan,lepas,tb,posisi,semprot,injector,cleaner,gbr3,harus,diingat,kalau,tb,harus,dibiarkan,kering,sendiri,jangan,disemprot,angin,bertekanan,atau,dilap,wanti,pria,ramah,indikasi,proses,bersihbersih,telah,selesai,nanti,putaran,mesin,naik,di,kisaran,2,ribu,rpm,gampang,kok,bakal,baca,alat,membaca,putaran,mesin,gbr4,nexttinggal,atur,ulang,kondisi,mesin,ideal,sesuai,standar,deh,gampang,kan, MotoBike - Maraknya motor dengan sistem injeksi, pasti bikin perawatan lebih mudah. Salah satunya dari pabrikan Yamaha. Tak hanya menjual sistem injeksi, pastinya perawatan sudah disiapkan jauh-jauh hari. Contohnya, ketika OTOMOTIF melihat cara kerja pembersihan ruang bakar dengan cairan kimia khusus. 
Datang ke DDS (Direct Distribution System) PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) di Jl. Letjen Suprapto No.402, Jakpus, OTOMOTIF langsung praktik pada Yamaha V-Iixion yang sudah cukup umur. Ternyata caranya sangat mudah loh, plus tak terlalu mahal mengingat jangka waktu perawatannya. 
"Sekali servis hanya Rp 50 ribu, sebaiknya dikerjakan tiap 10 ribu km," ungkap Yudi Nurul Akbar, Service Advisor Yamaha DDS Cempaka Putih. Ada dua pilihan untuk perawatan sistem injeksi V-Ixion. Pertama untuk membersihkan injektor itu sendiri, dan satu lagi adalah perawatan sistem keseluruhan ruang bakar. 
Kali ini, perawatan ruang bakar terlebih dahulu yang akan dibahas. Sistem ini bertujuan mengambalikan performa V-Ixion layaknya baru keluar showroom. Menggunakan 3M Injector Cleaning System (gbr.1), sebotol ‘cairan ajaib’ ini sanggup digunakan untuk 5 buah motor. Cara kerjanya mengganti bensin yang digunakan, sekaligus membersihkan ruang bakar. 
Pertama harus mem-by pass saluran bensin V-Ixion aslinya. Selang bensin dari tangki dilepas, lalu berganti nepel untuk memasukkan cairan dari 3M ini. Tentunya, pressure pada botol telah disesuaikan dengan pressure yang dibutuhkan injektor untuk menyemprotkan bensin aslinya, sekitar 250 kPa. 
Buka keran dari botol, lalu starter mesin dan biarkan berjalan dalam kondisi idle selama kurang lebih 7 menit. Tujuannya agar ruang bakar benar-honda,motor,setting,suzuki,yamaha,modifikasi,otomotif,motobike,merek,bajaj,kawasaki,minerva,vespa,accesories,pasang,artis,bengkel,teknologihonda,motor,setting,suzuki,yamaha,modifikasi,otomotif,motobike,merek,bajaj,kawasaki,minerva,vespa,accesories,pasang,artis,bengkel,teknologimotobike,marak,motor,sistem,injeksi,pasti,bikin,perawatan,lebih,mudah,salah,satu,pabrikan,yamaha,tak,ha,menjual,sistem,injeksi,pasti,perawatan,sudah,disiapkan,jauhjauh,hari,contoh,ketika,otomotif,melihat,cara,kerja,pembersihan,ruang,bakar,cairan,kimia,khusus,datang,ke,dds,direct,distribution,system,pt,yamaha,indonesia,motor,manufacturing,yimm,di,jl,letjen,suprapto,no402,jakpus,otomotif,langsung,praktik,pada,yamaha,viixion,sudah,umur,ta,cara,mudah,loh,plus,tak,mahal,mengingat,jangka,waktu,perawatan,se,servis,ha,rp,50,ribu,sebaik,dikerj,tiap,10,ribu,km,ungkap,yudi,nurul,akbar,service,advisor,yamaha,dds,cempaka,putih,ada,dua,pilihan,untuk,perawatan,sistem,injeksi,vixion,pertama,untuk,membersihkan,injektor,sendiri,satu,lagi,perawatan,sistem,keseluruhan,ruang,bakar,perawatan,ruang,bakar,lebih,dahulu,dibahas,sistem,bertujuan,mengambalikan,performa,vixion,layak,baru,keluar,showroom,menggun,3m,injector,cleaning,system,gbr1,sebotol,cairan,ib,sanggup,digun,untuk,5,buah,motorcara,kerja,mengganti,bensin,digun,segus,membersihkan,ruang,bakar,pertama,harus,memby,pass,saluran,bensin,vixion,asli,selang,bensin,tangki,dilepas,berganti,nepel,untuk,memasukkan,cairan,3m,tentu,pressure,pada,botol,telah,disesuaikan,pressure,dibutuhkan,injektor,untuk,menyemprotkan,bensin,asli,sekitar,250,kpa,buka,keran,botol,star,mesin,biarkan,berjalan,dalam,kondisi,idle,selama,kurang,lebih,7,menit,tujuan,agar,ruang,bakar,benarbenar,bersih,kerak,selama,3,menit,sisa,keran,botol,dtup,putaran,gas,dinaikkan,sekitar,5,ribu,rpm,gbr2,mesin,mati,sendiri,tujuan,agar,cairan,pembersih,masih,ada,pada,slang,benarbenar,habis,pakai,segus,mengeluarkan,kerak,pada,ruang,bakar,sambung,yudi,lagi,nah,tak,ha,ruang,bakar,pasti,throttle,body,tb,harus,ikut,dibersihkan,lepas,tb,posisi,semprot,injector,cleaner,gbr3,harus,diingat,kalau,tb,harus,dibiarkan,kering,sendiri,jangan,disemprot,angin,bertekanan,atau,dilap,wanti,pria,ramah,indikasi,proses,bersihbersih,telah,selesai,nanti,putaran,mesin,naik,di,kisaran,2,ribu,rpm,gampang,kok,bakal,baca,alat,membaca,putaran,mesin,gbr4,nexttinggal,atur,ulang,kondisi,mesin,ideal,sesuai,standar,deh,gampang,kan,benar bersih dari kerak. Selama 3 menit sisanya, keran dari botol ditutup, dan putaran gas dinaikkan sampai sekitar 5 ribu rpm (gbr.2), sampai mesin mati dengan sendirinya.
"Tujuannya agar cairan pembersih yang masih ada pada slang benar-benar habis terpakai, sekaligus mengeluarkan kerak pada ruang bakar," sambung Yudi lagi. 
Nah, tak hanya ruang bakar, pastinya throttle body (TB) harus ikut dibersihkan. "Lepas TB dari posisinya, lalu semprot dengan injector cleaner (gbr.3). Harus diingat kalau TB harus dibiarkan kering sendiri, jangan disemprot angin bertekanan atau dilap," wanti pria ramah ini. 
honda,motor,setting,suzuki,yamaha,modifikasi,otomotif,motobike,merek,bajaj,kawasaki,minerva,vespa,accesories,pasang,artis,bengkel,teknologihonda,motor,setting,suzuki,yamaha,modifikasi,otomotif,motobike,merek,bajaj,kawasaki,minerva,vespa,accesories,pasang,artis,bengkel,teknologimotobike,marak,motor,sistem,injeksi,pasti,bikin,perawatan,lebih,mudah,salah,satu,pabrikan,yamaha,tak,ha,menjual,sistem,injeksi,pasti,perawatan,sudah,disiapkan,jauhjauh,hari,contoh,ketika,otomotif,melihat,cara,kerja,pembersihan,ruang,bakar,cairan,kimia,khusus,datang,ke,dds,direct,distribution,system,pt,yamaha,indonesia,motor,manufacturing,yimm,di,jl,letjen,suprapto,no402,jakpus,otomotif,langsung,praktik,pada,yamaha,viixion,sudah,umur,ta,cara,mudah,loh,plus,tak,mahal,mengingat,jangka,waktu,perawatan,se,servis,ha,rp,50,ribu,sebaik,dikerj,tiap,10,ribu,km,ungkap,yudi,nurul,akbar,service,advisor,yamaha,dds,cempaka,putih,ada,dua,pilihan,untuk,perawatan,sistem,injeksi,vixion,pertama,untuk,membersihkan,injektor,sendiri,satu,lagi,perawatan,sistem,keseluruhan,ruang,bakar,perawatan,ruang,bakar,lebih,dahulu,dibahas,sistem,bertujuan,mengambalikan,performa,vixion,layak,baru,keluar,showroom,menggun,3m,injector,cleaning,system,gbr1,sebotol,cairan,ib,sanggup,digun,untuk,5,buah,motorcara,kerja,mengganti,bensin,digun,segus,membersihkan,ruang,bakar,pertama,harus,memby,pass,saluran,bensin,vixion,asli,selang,bensin,tangki,dilepas,berganti,nepel,untuk,memasukkan,cairan,3m,tentu,pressure,pada,botol,telah,disesuaikan,pressure,dibutuhkan,injektor,untuk,menyemprotkan,bensin,asli,sekitar,250,kpa,buka,keran,botol,star,mesin,biarkan,berjalan,dalam,kondisi,idle,selama,kurang,lebih,7,menit,tujuan,agar,ruang,bakar,benarbenar,bersih,kerak,selama,3,menit,sisa,keran,botol,dtup,putaran,gas,dinaikkan,sekitar,5,ribu,rpm,gbr2,mesin,mati,sendiri,tujuan,agar,cairan,pembersih,masih,ada,pada,slang,benarbenar,habis,pakai,segus,mengeluarkan,kerak,pada,ruang,bakar,sambung,yudi,lagi,nah,tak,ha,ruang,bakar,pasti,throttle,body,tb,harus,ikut,dibersihkan,lepas,tb,posisi,semprot,injector,cleaner,gbr3,harus,diingat,kalau,tb,harus,dibiarkan,kering,sendiri,jangan,disemprot,angin,bertekanan,atau,dilap,wanti,pria,ramah,indikasi,proses,bersihbersih,telah,selesai,nanti,putaran,mesin,naik,di,kisaran,2,ribu,rpm,gampang,kok,bakal,baca,alat,membaca,putaran,mesin,gbr4,nexttinggal,atur,ulang,kondisi,mesin,ideal,sesuai,standar,deh,gampang,kan,Indikasi proses bersih-bersih telah selesai, nanti putaran mesin akan naik sampai di kisaran 2 ribu rpm. Gampang kok, bakal terbaca dari alat yang membaca putaran mesin (gbr.4). Next, tinggal atur ulang kondisi mesin ideal sesuai standarnya deh. Gampang kan...
honda,motor,setting,suzuki,yamaha,modifikasi,otomotif,motobike,merek,bajaj,kawasaki,minerva,vespa,accesories,pasang,artis,bengkel,teknologihonda,motor,setting,suzuki,yamaha,modifikasi,otomotif,motobike,merek,bajaj,kawasaki,minerva,vespa,accesories,pasang,artis,bengkel,teknologimotobike,marak,motor,sistem,injeksi,pasti,bikin,perawatan,lebih,mudah,salah,satu,pabrikan,yamaha,tak,ha,menjual,sistem,injeksi,pasti,perawatan,sudah,disiapkan,jauhjauh,hari,contoh,ketika,otomotif,melihat,cara,kerja,pembersihan,ruang,bakar,cairan,kimia,khusus,datang,ke,dds,direct,distribution,system,pt,yamaha,indonesia,motor,manufacturing,yimm,di,jl,letjen,suprapto,no402,jakpus,otomotif,langsung,praktik,pada,yamaha,viixion,sudah,umur,ta,cara,mudah,loh,plus,tak,mahal,mengingat,jangka,waktu,perawatan,se,servis,ha,rp,50,ribu,sebaik,dikerj,tiap,10,ribu,km,ungkap,yudi,nurul,akbar,service,advisor,yamaha,dds,cempaka,putih,ada,dua,pilihan,untuk,perawatan,sistem,injeksi,vixion,pertama,untuk,membersihkan,injektor,sendiri,satu,lagi,perawatan,sistem,keseluruhan,ruang,bakar,perawatan,ruang,bakar,lebih,dahulu,dibahas,sistem,bertujuan,mengambalikan,performa,vixion,layak,baru,keluar,showroom,menggun,3m,injector,cleaning,system,gbr1,sebotol,cairan,ib,sanggup,digun,untuk,5,buah,motorcara,kerja,mengganti,bensin,digun,segus,membersihkan,ruang,bakar,pertama,harus,memby,pass,saluran,bensin,vixion,asli,selang,bensin,tangki,dilepas,berganti,nepel,untuk,memasukkan,cairan,3m,tentu,pressure,pada,botol,telah,disesuaikan,pressure,dibutuhkan,injektor,untuk,menyemprotkan,bensin,asli,sekitar,250,kpa,buka,keran,botol,star,mesin,biarkan,berjalan,dalam,kondisi,idle,selama,kurang,lebih,7,menit,tujuan,agar,ruang,bakar,benarbenar,bersih,kerak,selama,3,menit,sisa,keran,botol,dtup,putaran,gas,dinaikkan,sekitar,5,ribu,rpm,gbr2,mesin,mati,sendiri,tujuan,agar,cairan,pembersih,masih,ada,pada,slang,benarbenar,habis,pakai,segus,mengeluarkan,kerak,pada,ruang,bakar,sambung,yudi,lagi,nah,tak,ha,ruang,bakar,pasti,throttle,body,tb,harus,ikut,dibersihkan,lepas,tb,posisi,semprot,injector,cleaner,gbr3,harus,diingat,kalau,tb,harus,dibiarkan,kering,sendiri,jangan,disemprot,angin,bertekanan,atau,dilap,wanti,pria,ramah,indikasi,proses,bersihbersih,telah,selesai,nanti,putaran,mesin,naik,di,kisaran,2,ribu,rpm,gampang,kok,bakal,baca,alat,membaca,putaran,mesin,gbr4,nexttinggal,atur,ulang,kondisi,mesin,ideal,sesuai,standar,deh,gampang,kan,

2 komentar: